Pengertian dan Fungsi VRAM (Memory Cache) Pada VGA Card (Graphic Card)

gallery/graphics-card-components 1
Gambar Utuh VGA Card  (Graphic Card) Beserta Komponennya

Hai, sobat komputer ! Kali ini saya akan membahas tentang bagian dari Graphic Card / VGA Card, yaitu VRAM / Video RAM / Video Memory. Umumnya kita mengetahui VRAM ini dengan sebutan memory cache. Tentunya kadang kita pasti berpikir apa sih memory cache itu ? Mungkin jika dilihat dari jumlahnya memang dalam satuan GB atau MB. Umumnya sendiri ukuran VRAM berkirsar antara 1 GB - 16 GB. Memang jika semakin tinggi, otomatis performa grafik komputer akan semakin bagus dan maksimal, bahkan untuk yang GAMING, yah ... bisa puas sih sampai mentokin ke kualitas maksimum.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa vendor seperti AMD dan NVIDIA tidak memproduksi Graphic Card / VGA Card / Kartu Grafis dalam bentuk utuh seperti gambar di atas. Vendor tersebut hanya memasok Chip GPU atau bisa dibilang prosesor utama Graphic Card. Agar menjadi bentuk utuh Graphic Card yang siap digunakan, vendor tersebut memasok ke produsen besar seperti ASUS, AFOX, BIOSTAR, Gigabyte, MSI, PixelView, Xtreme, dsb.
 
GPU tersebut memiliki cara kerja yang sama dengan GPU pada prosesor untuk Motherboard. Jadi, untuk bekerja, Graphic Card / VGA Card memerlukan memori penyimpanan sementara seperti RAM komputer, hanya saja untuk VRAM pada Graphic Card tidak dapat dipisahkan menjadi komponen masing - masing seperti halnya komponen CPU.
 
Jadi, VRAM / Memory Cache adalah RAM atau memori penyimpan sementara untuk mendukung kinerja GPU dari Graphic Card / VGA Card. VRAM berfungsi sebagai bufferantara Graphic Card dengan CPU. Semakin besar ukuran VRAM / Memory Cache dari Graphic Card, maka kinerjanya pun dapat semakin mendukung, bahkan untuk program kelas GAMING berat. :v Namun, tentu jika semakin besar ukurannya, itu semua harus didukung oleh GPU juga, yang berarti berbanding lurus dengan harga yang akan semakin mahal juga.

gallery/vram 1

Demikian artikel ini saya buat, terimakasih telah membaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat komputer untuk memahami apa itu VRAM / Memory Cache pada Graphic Card / VGA Card. Dan ingat guys, meskipun Graphic Card kalian memiliki kualitas yang mumpuni untung GAMING, bukan berarti komponen lainnya tidak penting. Semua harus saling mendukung baik itu Motherboard, Prosesor, RAM, HDD, Graphic Card, Power Supply Unit / PSU, dll.
 
Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Video_RAM_(dual-ported_DRAM)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi VRAM (Memory Cache) Pada VGA Card (Graphic Card)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top