Tips memilih alat perekam suara dan video yang bagus untuk video youtube

tips dan cara memilih alat perekam suara dan video yang bagus untuk video youtube 

Mungkin anda salah satu seorang yang sedang mencari informasi tentang hal ini, itu sebabnya anda masuk ke blog ini. Kenapa alat rekam aja harus di bahas? Menurut saya hal sepele seperti ini sebenarnya sangat penting bagi anda yang sedang ingin mempersiapkan diri untuk menjadi seorang youtuber. Oleh sebab itu saya ingin menyempatkan menulis artikel ini dan berbagi untuk kalian semua agar anda lebih paham mana yang lebih cocok untuk anda dalam memulai membuat channel youtube.

Anda tidak perlu menjadi videografer profesional untuk merekam video anda yang akan diunggah di Youtube, yang penting adalah gambar terang dan jelas. Selain itu, usahakan agar tidak ada gamber yang terpotong atau tidak jelas. Gambar yang goyang juga membuat penonton tidak betah untuk berlama-lama menonton video anda.

Alat rekam video

Saat ini alat rekam video bukan lagi hal yang mahal. Bahkan telepon seluler yang beredarpun saat ini mempunyai fasilitas rekam video yang kualitasnya bagus. Berikut ini adalah alat rekam video yang dapat anda gunakan untuk membantu anda memulai menjadi seorang youtuber.

Handycam

Kamera video genggam yang sudah cukup mumpuni untuk membuat video, anda dapat memilih berbagai merek yang tersedia di pasaran saat ini. Carilah harga yang sesuai dengan kantong anda. Bandingkan spesifikasi antar produk dengan harga yang sekelas. Saat ini youtube sudah mendukung video dengan kualitas HD (high definision) dengan resolusi hingga 4K.

Handycam berasal dari dua kata, "Handy" dan "Cam". "Handy" berarti nyaman di tangan dan mudah dibawa kemanapun, sedangkan "Cam" merupakan singkatan dari Camera yang dalam hal ini mengarah pada camcorder . Handycam adalah sebuah alat perekam baik visual maupun audio. Sebenarnya kurang tepat penggunaan istilah handycam ini, karena handycam sendiri merupakan sebuah brand dari perusahaan Sony, sedangkan istilah yang lebih benar adalah Camcorder. Namun tidak perlu dipermasalahkan, karena penggunaan istilah handycam ini sudah menjamur dan setiap orang pasti mengerti.

Handycam tidak memandang usia, ia cocok untuk semua orang, anak kecil sampai orang dewasa, pria maupun wanita. Seiring perkembangan jaman, alat ini terasa semakin diperlukan baik hanya sekedar untuk merekam moment penting dalam hidup, membuat video youtube bahkan sampai urusan bisnis.

Kamera Digital

Yang termasuk kamera digital disini termasuk kamera DSLR, kamera Pocket dan kamera mirrorless. Kamera digital memang awalnya digunakan untuk keperluan fotografi. Namun pada perkembangannya, kamera digital dilengkapi dengan kemampuannya untuk merekam video dengan kualitas yang bagus.

Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan akhir-akhir ini pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format  digital dalam media digital.

Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan dan kemudahan memindahkan hasil (transfer). Beberapa kamera digital, terutama DSLR dan high-end cameras dilengkapi fasilitas RAW yang dapat ditindak lanjuti di komputer mengunakan perangkat lunak tertentu untuk hasil terbaik, tetapi pada saat ini fasilitas Auto Mode telah menghasilkan gambar yang baik dalam format JPEG. Kamera digital dilengkapi juga dengan mode video dengan kualitas yang bagus, sehingga cocok untuk dijadikan alat rekam untuk video youtube.

Handphone

Pada kamera smartphone, dari yang paling murah hingga mahal sudah tertanam perekam video. Untuk merekam dengan HP, perhatikan pencahayaan dan orientasinya. Video yang ditampilkan di Youtube adalah landscape, seperti halnya kita menonton televisi. Sedangkan hp dapat merekam dengan posisi portrait (berdiri). Ingatlah untuk selalu merekam video dalam posisi landscape agar tidak terlihat kecil saat di upload di Youtube.

Webcam

Webcam adalah kamera yang terpasang di perangkat komputer, baik itu laptop atau personal computer. Kamera web atau webcam, singkatan dari web dan camera adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua, program pengolah pesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video.

Istilah kamera ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang-kadang diganti dengan kata lain yang memerikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan perdesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Kamera ramatraya adalah sebuah kamera video bergana (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB atau pun colokan COM.

Untuk merekam video menggunakan webcam, anda memerlukan software tambahan untuk merekam. Youtube menyediakan aplikasi secara online untuk merekam video menggunakan webcam.
Bukalah alamat ini untuk menggunakan aplikasi webcam dari youtube : https://www.youtube.com/my_webcam
Anda dapat langsung mengunggah video dari hasil rekaman menggunakan fasilitas my webcam dari Youtube. metode ini cocok untuk rekaman dalam ruangan dan objeknya tidak banyak bergerak.

Nah itu dia Kawan-kawan sedikit artikel dari saya semoga dapat membantu kalian semua yang mungkin sedang bingung memilih kamera yang akan anda gunakan untuk membuat video youtube.
Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips memilih alat perekam suara dan video yang bagus untuk video youtube "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top