Beberapa Langkah Untuk Mempercepat Startup Pada Windows 7 , 8 dan 10

gallery/logo 2

Halo sobat komputer ! Kalian pasti banyak yang menggunakan OS Windows 7 untuk komputer, laptop, atau PC kalian. Kalian tentunya pernah merasakan ketika baru menyalakan komputer kalian, loading di awal / startup terasa lambat. Startup yang lambat memiliki berbagai kemungkinan. Dari startup error, virus, software, ataupun hardware yang bermasalah. Kali ini Serba Serbi Komputer Kita akan membagikan sedikit tips untuk kaiian pengguna Windows 7, yaitu beberapa langkah untuk mempercepat startup pada Windows 7.

Berikut mari kita bahas, apa saja langkah - langkah untuk mempercepat startup pada Windows 7. Perlu diperhatikan, mungkin sebagian dari langkah - langkah di bawah ini juga berguna untuk Windows 8 dan Windows 10.

1. Disable Service dan Aplikasi / Program Startup Yang Tidak Diperlukan

Startup Services dan Startup Application dapat di akses pengaturannya melalui MsConfig. Aplikasi dan Servis yang ada dalam pengaturan ini akan secara otomatis dijalankan ketika komputer baru dinyalakan atau istilahnya saat startup.
 
Untuk mengakses MsConfig pada Windows 7 dengan cara :
Start > ketik MsConfig pada kotak pencarian > Tekan Enter > Kotak Dialog MsConfig akan ditampilkan
 
Setelah itu pilih tab Services dan tab Startup. Tab Service untuk mengatur services yang akan dijalankan otomatis saat startup dan tab Startup untuk mengatur aplikasi / program yang akan dijalankan secara otomatis saat startup. Untuk disable service atau aplikasi startup, kalian dapat dengan uncheck service atau startup yang tidak kalian butuhkan atau tidak penting. Sehingga ketika startup awal, Windows hanya menjalankan service dan aplikasi yang tercentang atau yang kalian pilih saja.
 
Semakin sedikit service dan aplikasi terpilih, maka loading awal saat startup akan semakin cepat.

gallery/msconfig 1

gallery/msconfig 2

Gambar Tab Service (atas) & Tab Startup (bawah) Pada MsConfig

Untuk pengaturan service dapat juga diakses melalui :
Start > Control Panel > All Control Panel Items > Administrative Tools > Services
 
Perlu diperhatikan, ketika melakukan pengaturan terhadap service kita harus berhati - hati. Karena ada sebagian service yang memang defaultnya dibutuhkan dari OS (Operating System). Jadi, jika kita tidak mengerti / tidak tahu mana service yang untuk system, sebaiknya mencari tahu terlebih dulu atau dibiarkan default saja.

gallery/services 1

Untuk disable service melalui cara yang satu ini, dengan cara Klik Kanan salah satu service > Stop, jika sudah maka statusnya pada Startup Type akan menjadi disabled. Startup Type terbagi atas disabled, manual, automatic, dan automatic delayed. Kalian bisa memilih itu dengan cara Klik Kanan salah satu service > Properties > pada bagian Startup Type, pilih jenis startup.

gallery/services 2

2. Memasang Antivirus Pada Komputer (WAJIB)

gallery/antivirus 1

Virus yang sudah menginfeksi komputer, baik itu laptop maupun PC, dapat melakukan berbagai hal. Seperti menghilangkan data, mengacaukan sistem / program, bahkan memakai resource hingga komputer terasa lemot. Jadi dengan memasang antivirus, kita dapat mencegah itu semua. Tetap update antivirus kalian ke definisi / versi terbarunya, sehingga komputer kalian tetap aman. Untuk Windows 7 sendiri juga memiliki antivirus bawaan, yakin Windows Defender yang mana itu juga perlu di update. Dan jangan cuman update antivirus doank, kalian juga harus scan secara rutin.

3. Melakukan OS Repair / OS Upgrade

Melakukan OS Repair hampir mirip dengan instal ulang. Ketika startup menjadi lambat, bisa saja karena script yang terinstal untuk OS yang sekarang tidak lengkap atau ada masalah saat penginstalannya. Kalian dapat memperbaikinya dengan CD Instalasi OS ataupun dengan Softcopy Setup OS. Untuk Windows 7, pilihannya pilih Upgrade bukan instal OS.
 
Kalian juga dapat mempersiapkan beberapa hal, untuk berjaga - jaga seandainya sampai harus di instal ulang OS Windows 7 komputer kalian.

gallery/cd 1

4. Melakukan Startup Repair Dengan Advanced Boot Option

Startup yang lambat pada Windows 7 di komputer kalian, bisa jadi bermasalah karena pada saat shutdown sebelumnya tidak secara wajar/normal, alias mengalami gangguan. Ketika kalian shutdown, itu harus sampai komputernya benar - benar mati, jangan sampai aliran listriknya terputus tiba - tiba atau ada program yang belum ditutup sehingga tersimpan datanya, dan ketika dinyalakan lagi akan memberatkan loading pada startup.
 
Kalian dapat mengakses advanced startup / advanced boot dengan menekan F8 sebelum logo Windows muncul, biasanya sih ada tampilan terlebih dahulu pada layar sebelum masuk ke tampilan logo Windows. Jika startup kalian bermasalah akan muncul pilihan lain selain Safe Mode dan boot option lainnya, yaitu "Repair Your Computer". Silahkan pilih itu untuk merepair startup kalian. Untuk waktu dari pengalaman saya bisa lama bisa lambat, tergantung masalahnya. Tapi kalo lama, bisa jadi karena komputer kalian terinfeksi virus / malware.

gallery/advanced boot 1
Anvanced Boot Option Dengan Pilihan Repair Your Computer
5. Mengurangi Jumlah Gadget dan Shortcut Aplikasi Pada Desktop

Selain shortcut aplikasi / program, komputer dengan OS Windows 7 memiliki fitur gadget seperti calendar, CPU Meter, clock, dsb. Baik shortcut maupun gadget tersebut menggunakan resource dan cache ketika diload. Ketika startup semuanya itu diload bersamaan dengan service dan aplikasi startup. Jika terlalu banyak item pada desktop maka akan memperlambat loading startup. Jadi, shortcut dan gadget yang penting saja yang diletakkan pada desktop kalian.

gallery/homepage

6. Hapus Data Tidak Penting (Junk File) Dari Komputer

HDD / Hard Disk Drive memiliki ukuran tertentu dan terbatas. Ketika komputer kita melakukan tugas komputasi atau apapun itu, tidak hanya menggunakan RAM dan Processor saja, tapi juga HDD. Jika HDD penuh maka performa komputer kita juga akan menjadi lemot, baik itu untuk laptop ataupun PC. Itu juga berpengaruh ketika load awal setelah startup, karena semakin banyak data dalam HDD atau hard disk kita, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk memuat / menload data - data itu. Memang sih tidak secara langsung atau serentak, dan prosesnya pun berjalan di latar belakang. Namun, hal ini dapat menjadi salah satu pemicu juga. Jadi, jika ada data, file, atau program yang sudah tidak terpakai sebaiknya dihapus atau diuninstal dari komputer kalian, biar space HDD kalian bertambah.

7. Sesuaikan Jenis OS Windows 32 bit Atau 64 bit

Jenis OS juga berpengaruh terhadap performa komputer. Dari ukuran bit yang semakin besar, maka butuh komputer dengan spesifikasi yang semakin tinggi pula. Untuk itu sesuaikan jenisnya dengan komputer kalian, jangan dipaksakan. Untuk komputer dengan RAM di bawah 4 GB, sebaiknya menggunakan OS 32 bit. Untuk komputer dengan RAM 4 GB dan di atasnya, sebaiknya menggunakan OS 64 bit untuk memaksimalkannya. Hal ini berlaku juga untuk OS di atas Windows 7, seperti Windows 8 dan Windows 10.

8. Mengupgrade Hardware Komputer

Hardware yang terpasang pada komputer kita, laptop maupun PC, tentunya berpengaruh pada performa. Seperti processor, VGA, HDD, dan RAM. Tentu spek yang lebih tinggi juga butuh budget yang lebih, tapi pasti akan menyediakan resource yang lebih besar. Kalian juga dapat membaca artikel tentang jenis - jenis RAM serta pengertian dan fungsi VRAM yang telah Serba Serbi Komputer Kita sediakan.

Demikian artikel ini saya buat, terimakasih telah membaca. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Beberapa Langkah Untuk Mempercepat Startup Pada Windows 7 , 8 dan 10"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top